Senin, 23 Mei 2011

Beda Mentega, Margarine & Roombutter

    Awalnya bingung kalo liat resep kue ada yang nulis mentega tapi ada yg nulis margarine karna dipikiranku mereka berdua adalah sama Cuma panggilannya aja yg berbeda tapiiiiii ternyata mereka itu totally different :), makanya biar tertulis mentega karna nga ngerti saya tetep pake blue band :D
Mentega or butter berasal dari lemak hewan sedangkan margarine berasal dari lemak tumbuhan.

Mentega / butter  yang terbuat dari lemak hewan biasanya mengandung lebih banyak lemak jenuh / saturated fats(66%) dibanding lemak tak jenuh / unsaturated fats-nya (34%). Lemak jenuh ini biasanya berhubungan dengan tingginya kadar kolesterol dalam tubuh. Mentega biasanya mengandung vitamin A, D, protein dan karbohidrat.
Dijual dengan merk antara lain Orchid, Wysman, Elle & Vire, dsb.
butter
Mentega
Tekstur mentega sangat lembut di suhu ruang, wangi susu, mudah meleleh di suhu hangat.



Margarin sendiri yang terbuat dari minyak tumbuh-tumbuhan dimana di vegetables oil terkandung jumlah monounsaturated - dan polyunsaturated fats yang lebih banyak dibandingkan saturated fats-nya (13-15 % saturated dan 85-87 % percent unsaturated fats). Lemak jenuh/saturated fats dalam daging-dagingan dan fatty dairy products diindikasikan akan menaikkan "bad" kolesterol (LDL cholesterol) dan menurunkan "good" colesterol (HDL cholesterol). Nah polyunsaturated fats yang "umumnya" ditemukan di vegetable oils seperti di minyak jagung ato soy oil itu LDLs nya rendah tapi HDLs nya juga rendah. Karenanya biasanya yang dianjurkan, kita mencari jenis minyak-minyakan yang dapat merendahkan LDL dan menaikkan HDL.
Margarin biasanya diperkaya dengan vitamin A dan beberapa vegetables oil adalah sumber vitamin E.
Di pasaran tersedia dalam merk Blue Band, Simas, Palmboom, dsb.
Teksturnya lebih kaku, stabil di suhu ruang (tidak mudah meleleh).



Nah kalo yang ini malah nga tau lagi sebelumnya ternyata ada lagi jenisnya mentega namanya roombutter

Roombotter berasal dari bahasa Belanda, adalah mentega juga. Tetapi di Indonesia orang biasanya mengistilahkan roomboter untuk jenis mentega dalam kaleng yang wanginya cukup kuat, seperti Wysman dan Corman.
Dalam penggunaannya sebagai bahan kue, terutama cake, masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Mentega punya aroma yang enak, tetapi terlalu lembut dan daya emulsinya kurang baik, menyebabkan tekstur kue kurang kokoh. Sedangkan margarin aromanya tidak seenak mentega, tapi daya emulsinya bagus sehingga bisa menghasilkan tekstur kue yang bagus. Sehingga umumnya orang mencampur mentega dan margarin dengan perbandingan 1:1, untuk mendapatkan aroma yang enak sekaligus tekstur kue yang memuaskan.
Source :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Lovely Son

Daisypath - Personal pictureDaisypath Happy Birthday tickers

Let's feed the fish ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...