Thursday, July 28, 2011

Tips pembuatan Sponge cake

       Untuk pembuatan Sponge Cake memang tricky abies over mix or over stir bisa bikin sponge jadi nga ringan lagi cake nya alias bantet  seperti ini atau bisa juga seperti gambar dibawah ini



Nah disini saya cuma mau berbagi berdasarkan pengalaman saya yang sedikit mungkin bisa berguna sehingga kita sama2 saling belajar.
dengan resep yang beraneka ragam tetap saja kita harus hati-hati waktu pengocokan maupun pas pengadukan terutama di pengadukannya karna biasanya yg saya alami waktu pengocokan naik tinggi bagus dan berjejak / jambul petruk tapi begitu dicampur tepung langsung deh weesss......suuttt....menyusut

jadi pada saat pengadukan dikarenakan adonan cake ini ringan sekali seperti kapas maka sewaktu ditambahkan tepung diaduklah dengan tekhik aduk balik dengan ringan menggunakan spatula dan jangan terlalu lama mengaduk.

Apa yang dimaksud dg teknik Aduk Balik?
Aduk-balik atau aduk-lipat (folding, to fold) adalah suatu teknik mengaduk adonan, terutama untuk mencampurkan antara adonan yang ringan dan penuh udara dengan adonan yang lebih padat dan kental.
Contohnya, adonan putih telur yang sudah kaku dicampurkan ke adonan terigu-kuning telur-minyak dalam pembuatan Chiffon / sponge cake.
Caranya, spatula dijalankan dari atas, memotong kedua macam adonan hingga menyentuh dasar mangkuk, kemudian menyusuri dasar mangkuk ke arah belakang, kembali ke atas sambil adonan dibalik atau 'dilipat' ke depan. Gerakannya seperti membalik/melipat adonan. Teknik pengadukan ini membuat udara dalam adonan yang ringan tidak keluar lagi meskipun diaduk rata. (NCC)

Tekhnik aduk balik


sumber :
http://www.ncc-indonesia.com/detail.php?aid=66
http://findallvideo.com/tag/folding-kitchen

No comments:

Post a Comment

Lovely Mas

Daisypath - Personal pictureDaisypath Happy Birthday tickers

Lovely Dede

Lilypie - Personal pictureLilypie Second Birthday tickers
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...