Saturday, November 17, 2012

Tips n Cara mengocok whipping cream cair

         Selama ini kalo berurusan dengan whipping cream or ganache selalu menggunakan Whc bubuk, selain karna bahannya mudah ditemukan dimana-mana juga untuk handlingnya lebih mudah (menurut saya yah) apalagi kalo cairan airnya diganti susu ngga kalah tuh rasanya sama whc cair :), Tetapiii sebagai penambah ilmu boleh juga dicoba untuk beli whc cair.

Beberapa bulan yl pernah beli whc cair merek RIch dan waktu itu baca testimoni blogger lain untuk penyimpanannya di freezer tapi menurut ku lebih ribet karna butuh waktu menggunakannya karna harus cair dulu dong kalo ngga mixernya jebool harus ngocok es ehheheh, akhirnya berikutnya aku cuma nyimpen di chiller or kulkas bagian bawahnya yang penting boxnya harus ditutup rapat kembali.

Waktu pembelian yang lalu dikarenakan males ribet bolak balik ke freezer akhirnya 1/2 bahan aku mixer semua dan disimpan di chiller dengan dimasukin dalam wadah kedap udara terlebih dahulu mungkin karna banyakan bahannya jadi ngga masalah alias langsung kaku

Nah waktu mau ngocok kemarin untuk topping Cheese Cake dikarenakan diameter cakenya kecil otomatis Whc yang diperlukan cuma sedikit jadi sayang aja kalo mau di kocok banyak, akhirnya cuma diambil 50 gr dan ternyata sempet kaku sedikit pas 2 menit ehhh setelahnya kok agak mencair ...*Sigh



Googling dan tanya2 sama Okky la reposteria, menurut ref beberapa diskusi di NCCwadah dan kocokannya harus dimasukan freezer terlebih dahulu agar cepat stiff dan menurut okky harusnya ngga masalah karna selama ini dia selalu menggunakan merk tersebut dan ok-ok aja malah tanpa dimasukan wadahnya terlebih dahulu ke freezer, dan aku inget dulu juga ngga masalah malah ngga perlu dimasukin wadahnya. akhirnya ganti bahan dan wadahnya dimasukin ke freezer (test n trial heheh) dan voilaaaaa taraa bener cepet kakuuu, tapi analisa ku sih jangan terlalu sedikit mengocok adonan untuk wadah yang dimasukin freezer agar mempercepat proses kakunya saja.

Tips mengocok WHC Cair
1. Jangan menggunakan terlalu sedikit bahan karna susah kaku
2. Masukan wadah dan kocokan kedalam freezer untuk mempercepat proses kaku
3. Jangan overmixed karna akan membuat adonan menjadi encer kembali, tapi yang non Dairy tidak masalah agak lama mengocoknya dibanding yang Dairy.
4. Gunakan mixer dengan speed no 2
5. Lama pengocokan tergantung merk mixernya dan untuk merek Philips or miyako kurleb 5- 8 menit (kalau sudah kaku hentikan, pada saat pengocokan jangan ditinggal)
6. Balik kom adonananya jikalau tidak tumpah berati sudah set


Selamat mencoba

No comments:

Post a Comment

Lovely Mas

Daisypath - Personal pictureDaisypath Happy Birthday tickers

Lovely Dede

Lilypie - Personal pictureLilypie Second Birthday tickers
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...