Sunday, July 22, 2012

Talam Pandan

      Sudah 2x buat kue talam ini dan 2 duanya sukses gagalnya hua hua hua *nangis guling-guling.....cuma mo share nih ternyata bikin kue tradisional itu tidak semudah baca resepnya yah hiks. beneran deh sumpah kalo liat resep luar kan keliatannya ribet tapi begitu dieksekusi ngga terlalu sulit.

pake resep dari NCC dan plek ketiplek udah ikutin resepnya

Talam Pandan
by: FB

Bahan:
Lapisan pandan:200 gr tepung beras
50 gr tepung sagu
100 gr gula pasir
400 ml santan
100 ml air pandan suji
1 sdt air kapur sirih
½ sdt garam

Lapisan putih:
50 gr tepung beras
25 gr tepung sagu
400 ml santan kental
½ sdt garam

Cara membuatnya:
  1. Lapisan Pandan: taruh dalam wadah, tepung beras, tepung sagu, gula pasir, aduk rata, tuangi santan, air daun suji, garam dan air kapur sedikit demi sedikit sambil diremas-remas hingga menjadi adonan halus. Sisihkan.
  2. Lapisan putih: campur semua bahan menjadi satu, aduk rata dan licin. sisihkan
    Siapkan cetakan cucing/mangkuk kecil, polesi minyak sayur, isi dengan adonan setinggi 2/3 mangkuk, kukus 10 menit. Lalau tuangi adonan putih hingga penuh, kukus lagi 10 menit. Angkat

jadi gini yang pertama kali hijaunya bantet dan putihnya ngga bisa set alias terlalu lembek tapi putihnya masih lebih enakan, emang sih kalo di telusuri ada banyak faktor salah satunya karna santen dan padannya udah di siapkan sebelumnya jadi disimpan di freezer, nah waktu diolah ini belum suhu ruang.

Untuk percobaan yang ke2 tetep menggunaka resep NCC dengan modifikasi dicara pembuatannya u/ talam putihnay karna kemarin kan ngga set, diresep lain yang untuk putihnya itu air panasnya langsung dituang disagunya alhasil hasil jadinya seperti tajin hiks hiks kerasss booo,

Pic dibawah ini dari percobaan yang ke2, dan karna saya tidak menggunakan wadah kecil-kecil tapi menggunakan loyang plastik besar jadi sekaligus dituang nah karna sekaligus dituang jadinya manggangnya sampe lama bangett dan jadinya ijonya bantet, nah untuk ngakali itu u/ percobaan ke-2 saya tuang perlayer dan hasilnya gagal juga karna tetep keras alias tidak lembut dan antar lapisan itu ngga bisa nempel padahal waktu tuangnya cuma 10 mnt saja.




hayooo siapa yang bisa kasih resep talam pandan yang enak dan lembyutttt, mauuuu dongggg ?

2 comments:

  1. aneh ya bisa gagal..ayo beli cucing dulu, jdi bsa cobain ditempat yang ssuai..semangat!! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @bunda asa : yup say... aneh *elap keringet, ya kayanya gw harus beli cucing deh. penasaran.com neh

      Delete

Lovely Mas

Daisypath - Personal pictureDaisypath Happy Birthday tickers

Lovely Dede

Lilypie - Personal pictureLilypie Second Birthday tickers
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...