Saturday, December 17, 2011

Karamel Cake

Papa request Karamel Cake gara – gara makan cake ini dikantornya, ya udah sabtu kemarin langsung deh buat pake resepnya bu Fatmah NCC, tapi menurut saya yang suka manis cake ini kurang manis harus tambahin min 50 gr gula lagi kayanya kalo bikin lagi besok dan karna ini perdana saya Cuma buat ½ resep. Ini bagi yang mo nyoba saya copasin dari milis NCC.
Comment papa cakenya kurang manis (hihi sama) dah itu terlalu kering (mmm berarti nga boleh lama2 nih ngovennya sama jangan dikeringin bagian atas cake nya)
Karamel Cake
By. Fatmah Bahalwan
Bahan2 :
425 gr gula pasir
450 ml air panas
180 gr tepung terigu
50 gr tepung maizena
8 btr telur ayam
150 gr margarin
2 sdt soda kue
200 ml susu kental manis
Cara Membuatnya :
  1. Taruh gula pasir diatas wajan, masak diatas api hingga berwarna coklat gosong, tuangi air panas, biarkan mendidih dan gula larut. Angkat, dinginkan.
  2. Kocok margarin dan susu kental sampai putih, masukkan telur satu per satu, sambil tetap dikocok. Matikan mixer.
  3. Masukkan terigu yang telah diayak bersama soda kue dan maizena sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata.
  4. Tuang karamel ke dalam adonan sedikit demi sedikit, sambil diaduk hingga rata.
  5. Tuang adonan ke dalam loyang tulban yang telah dioles margarin dan ditaburi tepung.
  6. Panggang dalam oven, suhu 180'C selama kl. 40 menit atau sampai matang. (saya Cuma 30 mnt udah matang)

Dibawah ini juga catatan yg bu fat berikan sebagai tips n trik agar cakenya sukses ^^
  • Adonan caramel cake ini unik. Encer, sama sekali tidak terbayang bahwa adonan encer ini akan menjadi cake yang kenyal, lembut dan bersarang bagus.
  • Mendapatkan sarang yang banyak sampai bisa buat ‘ngeker’ (ngintip), adalah dari proses pembuatannya. Jangan mengocok mentega dan skm terlalu lama. Krn bila terlalu lembut jadinya cake kurang bersarang. Sebagian orang malah cukup mengaduknya saja. Mengocok juga cukup menggunakan speed rendah saja, atau speed tinggi tapi sebentar banget.
  • Jangan kaget, bila adonan nampak terpisah antara lemak mentega dengan cairan (menteganya kampul-kampul dipermukaan). Mereka semua akan menyatu saat kena panas oven.
  • Sebaiknya selalu lapisi Loyang dengan Loyang kotak yg lebih besar dibagian bawah. Ini dilakukan untuk menghindari ada tetesan lemak/minyak adonan yg langsung kedasar oven. Minyak yg menetes kedasar oven akan menimbulkan aroma gosong dan asap banyak. Kejadian ini sering membuat panic (dikira kebakaran).
  • Kesimpulannya, membuat caramel cake jangan mikir terlalu berat. Just do it saja, ikuti perintah resep.…hehehe, sejadinya adonan, langsung oven deh. Kejutannya adalah ketika mendapatkan cake yg lembut, kenyal, bersarang dan enak bangeeeeetttttt……..

No comments:

Post a Comment

Lovely Mas

Daisypath - Personal pictureDaisypath Happy Birthday tickers

Lovely Dede

Lilypie - Personal pictureLilypie Second Birthday tickers
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...