Tuesday, January 24, 2012

Bolkus Ketan Hitam for Devina B'day Cupcakes


Sebelum saya lapor yang barbie, cupcakes ini juga buat ultahnya Devina ponakan saya yang tinggal disemarang dari satu resep dapet 24 CC plus 1 loyang ukuran 10*15 cm tapi isinya nga penuh karna si ART takut kepenuhan jadi dikasih Cuma setengah CC nya ternyata si ketan hitam ini ngga terlalu naik hasil jadinya. Mungkin kalau mau bagus isi ¾ paling jadinya 20 -22 CC saja.

Resep ngambil dari Cake fever setelah sempet googling beberapa resep (ijin eksekusi yah mba), tapi karna diresep yg mba vero ini ngga ada emulsifiernya sih saya berharap lebih awet, menurut para pakar kalo cake kukus pake emulsi daya tahan di suhu ruang hanya 3 hari sedangkan kalo nga pake emulsi bisa sampe 5 hari, nah karna perjalanan jauh jakarta semarang dan dibuatnya hari kamis berangkat jumat acara sabtu dan belum tentu langsung dimakan di hari sabtunya sama orang yang nerima maka cake ini yg gue rasa paling pas untuk dieksekusi. 


Ini dia resepnya .....

Bahan2 :
250 gram tepung ketan hitam
200 gram gula pasir
200 gram minyak goreng
6 butir telur
1/2 sdt garam
1/2 sdt vanili
2 sdm susu kental manis



Cara Membuat :
1.    Kocok telur dan gula hingga kental. Masukkan garam dan vanili, kocok rata. Masukkan susu kental manis, kocok rata.
2.    Masukkan tepung ketan hitam dengan cara diayak ke dalam kocokan telur, aduk rata.
3.    Masukkan minyak goreng, perlahan. Aduk balik sampai rata.
4.    Masukkan adonan ke dalam cupcakes, kukus selama 10-15 menit suhu 180C. (atau bisa juga menggunakan loyang ukuran 10*30 jadi 2 loyang)


Resepnya simple banget cak cek – cak cek udah jadi aja trus hias deh pake butter cream kasih bunga n daun dari fondant jadi cantik deh, icip-icip eh rasanya enak loh kaya dipakein santen. legidh menul2 gimana gitu :D

No comments:

Post a Comment

Lovely Mas

Daisypath - Personal pictureDaisypath Happy Birthday tickers

Lovely Dede

Lilypie - Personal pictureLilypie Second Birthday tickers
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...