Tuesday, January 24, 2012

Barbie B'day Cake (Mud cake by Planet Cake)

Ditagih sama ponakan untuk b’day cake nya sempet punya beberapa alternatif cake mo bikin yang simple karna yang bawa kan mama semarang naik kereta (kebetulan si mama masih dijakarta), eh last minute misua mo anter mama ya udah akhirnya dibuatlah si barbie ini dan kita semua jalan-jalan kesemarang :D…yess my first barbie, udah lama banget beli loyang barbie dan mo nyoba bikin barbie tapi belum ketemu lawannya ya udah pas banget momentnya nih. Sempet tanya-tanya di milis NCC cake apa yang kuat dan tahan lama dibawa perjalanan jauh dan tahan goncangan heeheh akhirnya dapet inputan dari mba hesti kalo bikin aja Mud cake dari planet cake. Nah resep baru lagi kan, tapi lupa kalo ada lemon jusnya di resepnya akhirnya malam2 si papa cari2 di SPM yang dapet malah orange jus ya sutralah sokk dicoba, karna menurut ku fungsi si jus ini Cuma biar nga terlalu eneg sama cakenya karna nyoklat abis.

Akhirnya malem kamis pulang kerja di eksekusi si Mud cake ini, bahannya tuh bener-bener kaya lumpur (mud) dan nga nyangka deh bisa jadi cake enak,1 resep dapet 1loyang barbie + 1 loyang bulat dia 20 cm (dapet ½ loyang), Cuma pas manggang pake loyang barbie udah pake api terkecil (emang sih nga punya termometer) tapi kok baru 1.15 menit udah kecium bau agak gosong haaaaaa….dibuka loyangnya dan bener2 roknya udah agak item hiks…. 1 loyang barbie di panggang dan loyang dia 20 cm di kukus abis kl nunggu semua dipanggang kelamaan, udah capek. Tapi setelah dipanggang tetep dikukus juga 5-10 menit lagi biar awet. Teksturnya yg panggang lebih padet kalo yang kukus lebih ringan kaya brownies aja.
Hari kamisnya (malem jumat) cake dikeluarin dari loyang dan waktu mau dikeluarin dari loyangnya susah banget sempet ada yang patah padahal udah pake mentega yang banyak di loyangnya dan ditaburi terigu loh. Huhuhu. keseluruhan cake dipoleh dengan ganache 2:1 , eh begitu liat cake ½ jadi ini si misu langsung bilang kok kaya gini sih huaaa rasanya BT abis padahal sebenernya BT sama diri sendiri karna cake nya nga bisa mulus tapi karna ada yang comment jadi kena deh si suami tercinta.
Dia ngga tau kalo itu smua akan ditutup sama fondant yah pasti nga akan keliatan lagi deh.  Tapi karna udah BT dan nga mo buat cake dalam keadaan BT akhirnya ngeksekusi si bolkus ketan hitam dulu sampe dihias rapi dan masuk dus (liat laporan sebelumnya). Jam 11 an baru deh mulai giling fondant duh ternyata susah yah pas masang dirok barbienya karna rok barbienya nga mulus jadi keliatan di fondantnya bergelombang hiks…mana Cuma beli 1 kg lagi fondantnya. Akhirnya diakalin ditumpuk lagi dengan lapisan fondant dan ditempel2 dengan bunga2. Huffttt

Hasilnya taraaaa lumayan lah buat beginner, yang ngeliat pada bilang cantik dan nga nyangka dibawain barbie, misua yg tadinya nyela juga bilaang cantik, yang ultah kebetulan suka banget sama barbie dan devina seneng banget dapet cake ini, dan si mama langsung promosiiin duh tuh tantenya buat sampe 3 malam hahah lebay. Emang sih dicicil soalnya kan saya masih kerja yang baru bisa pegang ini cake nunggu si mas vindra tidur dulu. Jadi hari pertama nyetak bunga2 dulu untuk rok Barbie n cupcakes, hari ke dua buat mud cakes, hari ketiga nya buat cupcakes dan hias si Barbie. Udah itu yg paling pusing nentuin base cake yang awet lama hehheh.



Tapi bener loh mud cake ini tahan goncangan mantaff ..padahal perjalanannya banyak ketemu jalan yang bolong2 eh dia tetep stiff, tapi tetep sepanjang jalan si ART yang juga kita ajak bertugas menjaga cake2 ini biar nga jumpalitan pas kena goncangan alias dipegangin heheh, thanks mba dan thank you so much juga buat papa tercinta yang udah buatin dus barbienya jadi tetep cantik.

Ini dia resepnya :
MUD CAKE By PLANET CAKE
Copas dari blognya kuwenya riri

Bahan:

A
Butter 250 gr
Minyak 70 gr
DCC Cair 250 gr
Nescafe 8 sdt (saya ganti pake cokbuk 8sdt)
Air 180 gr
B
Terigu 300 gr
Coklat bubuk 60 gr
Soda kue 0,5 sdt
BP 0,5 sdt
Gula halus 300 gr
C
Telur 5 btr
D
Susu Cair 125 ml susu segar / hangat
Lemon jus 20 gr (saya ganti pake orange jus)


adonan di loyang barbie
hasil cakenya setelah dipotong

Caranya:
- Panaskan oven dgn suhu 150 derajat
- Cairkan mentega dgn air hingga mentega mencair, masukkan dcc dan instant coffe lalu aduk hingga rata, masukkan minyak sayur, sisihkan
- Ayak terigu, BP, soda kue, coklat bubuk dan gula halus
- Kocok telur hingga tercampur rata
- Campurkan susu dan lemon jus ( usahakan susunya hangat )
- Campurkan bahan A dan B aduk hingga 1/2 rata
- Masukkan bahan C aduk hingga rata, terakhir masukkan bahan D
- Tuang ke loyang bulat 22 cm atau loyang kotak 20 cm
- Oven kurleb 1.5 jam

mba devina yg ultah

mba devina dan mas vindra tetep..si mas mah serasa yang ultah ehheeh
ini CC yg dari bolkus ketan hitam


Buat Devina…
Happy B’day Dear Devina
Wish you all d best and being smart girl
Amiin

from
tante, om & mas vindra

No comments:

Post a Comment

Lovely Mas

Daisypath - Personal pictureDaisypath Happy Birthday tickers

Lovely Dede

Lilypie - Personal pictureLilypie Second Birthday tickers
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...