Thursday, May 5, 2011

Kuas halal atau haram

            Karena di milis lagi rame masalah kuas kue dari bulu babi jadi bergidik ngebayanginnya, makan kue halal tapi kuas nya dari haram hwwwaaaa ikutan haram dong L..padahal sebelumnya juga terpaksa harus googling karna masalah emulsifier yg katanya jg dari babi ….hiks…ternyata makanan yg selama ini dimakan belum benar2 halal LL

Secara kalo beli ditoko yg non muslim pasti mereka nga care masalah kaya gini tapi bagi kita yg muslim masalah kehalalalan jadi point yg paling penting neh.

Untuk memuaskan penasarankau akhirnya googling lah tentang kuas ini …ternyata mereknya Bristle Dalam kamus Webster, kata itu berarti bulu babi.. Walaupun ada beberapa yg berpendapat bulu bisa dari bulu apa saja tapi kebanyakan kita import dari china sehingga bahan dasarnya dari bulu babi…wiidiiih. Ini yg masih belum dapat jawabannya jikalau dari bulu selain babi seperti  kambing itu mereknya apa dan dijual dimana (masih searching2 mungkin ada teman yg bisa bantu ? J 

Jujur karna sebelumnya paling males kalo disuruh kedapur untuk masak makanya didapur juga nga ada tuh peralatan masak yg namanya kuas dan baru berencana untuk beli..tapi alhadulillah dapet info tentang kuas ini terlebih dahulu jadinya nga salah beli kuas deh…mending beli yg sintetis aja lah.

Sekedar info yg saya kutip dari Republika - Monday, 24 November 2008 18:55 WIB
Informasi sementara menyebutkan, kuas bulu babi berasal dari perusahaan di China (Anping Bristle dan Tail Hair Gruoup). Perusahaan ini memakai bahan baku bulu ekor kuda, bulu kambing, dan bristle (bulu babi) serta berbagai bulu yang dikelompokkan sebagai bulu halus. Fine hair atau bulu yang sangat halus bisa terbuat dari binatang sejenis musang (weasel), bulu dari binatang sejenis kucing (raccoon hair), ekor tupai serta berasal dari ekor anjing.

Sekadar tahu, Anping adalah perusahaan yang memiliki sejarah 400 tahun dalam memproses bristle dan bulu ekor hewan. Perusahaan ini merupakan pusat distribusi terbesar bulu ekor hewan di utara Cina. Disebutkan, sekitar 50.000 orang lebih yang bergabung dalam proses produksinya dan memiliki lebih dari 1.000 workshop yang menyebar di berbagai negara.

Perusahaan ini memiliki tujuh unit pabrik untuk memproduksi barang yang terbuat dari bulu. Hasil produknya, khususnya yang terbuat dari bahan bulu ekor kuda dan hewan lainnya, diekspor ke Amerika Serikat, Italy, Korea Selatan dan negara-negara lainnya, termasuk Indonesia. ''Namun masih ada kuas yang bebas dari bulu/rambut babi,'' ungkap Tim Jurnal Halal.

Lalu bagaimana membedakannya? Sesuai hasil survei Tim Jurnal Halal, untuk menentukan apakah kuas yang Anda gunakan berasal dari bulu/ rambut babi, bisa menempuh langkah yang sangat mudah dan sederhana. Rambut atau bulu adalah suatu protein yang bernama keratin. Keratin merupakan salah satu kelompok protein yang dikenal sebagai protein serat.

Protein serat memiliki struktur panjang. Setiap hewan memiliki protein keratin pada bagian dermis (permukaan) dari kulit, kuku, paruh, sisi ikan, tanduk, dan kuku binatang. Sebagai halnya protein, maka rambut/bulu yang mengandung keratin saat dibakar akan menimbulkan bau yang khas. Bau khas tersebut sama ketika kita mencium aroma daging yang dipanggang.

Sementara bila kuas itu terbuat dari ijuk atau sabut ketika dibakar pasti akan langsung terbakar, dan tidak mengeluarkan aroma spesifik selain bau abu pembakaran. Ketika dibandingkan dengan sapu ijuk dibakar jelas sekali terdapat perbedaan bau yang sangat kentara.

Selain ciri-ciri tadi, kuas yang terbuat dari bulu/rambut babi masih memiliki perbedaan pada warna. Kuas yang terbuat dari bulu/rambut babi biasanya berwarna putih. Biasanya kuas yang berwarna putih nan lembut itu harganya lebih tinggi dibanding barang serupa. Kuas berwarna putih itu di pasaran biasa disebut kuas bristle

No comments:

Post a Comment

Lovely Mas

Daisypath - Personal pictureDaisypath Happy Birthday tickers

Lovely Dede

Lilypie - Personal pictureLilypie Second Birthday tickers
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...