Saturday, October 6, 2012

Opera Cake for Our September's Birthdays



Septemberrrr Ceriaaaaaa….september ceriaaa lalalala *sing a song

Bulan September bener-bener ceriahhhh dueh soalnya ada 3 yang b’day di bulan ini, yaitu aku, adiku lia dan ponakan ku nayla (anaknya lia) dannnn baby born yang lahir di bulan September juga Mohammad Kenzo Alvaro anaknya ceci adikku yang bungsu, woaaah pokoknya komplit plit plit deh hehehhe


Tapi ditengah kegembiraan ternyata ada sedih yang masih menggelanyut saat aku mengetik behind d story nya soalnya dede kenzo masih dirawat di RS karna ada masalah dijantungnya dan belum pulang dari RS sejak dilahirkan hiks hiks hiks (yang kuat yah nak, uwak love you), kenzo dilahirkan di RS mitra tapi karna ada penyakit jantung bawaan yaitu TGA makanya dirujuk ke RS Harapan Kita dan setelah berumur 9 hari, hari rabu kemarin tgl 3 october di lakukan operasi. Dan selama 2 hari masa-masa kritisnya hiksss kita semua bener-bener dibuat deg deg plass dan selalu berdoa untuk kesembuhannya. Jumat kemarin akhirnya dioperasi lagi untuk menutup dadanya karna setelah operasi yang pertama rabu kemarin itu dadanya belum ditutup dulu untuk mengantisipasi ada pembengkakan sehingga hanya ditutup plastic, huhuhuhu duuuh nakkkk. Tapi hingga hari ini kondisi kenzo tetap stabil dan akan dibangunkan oleh team dokter karna sebelumnya dibius total. Mohon doanya yah teman-teman semoga kenzo sehat dan menjadi anak yg selalu sehat dan sholehh amiiin.

Back to d cake, sebenernya bingung antar bikin cake dan ngga karna kondisi diatas tapi karna udah kangen juga baking dan appresiasi untuk diriku sendiri masa ngga buat apa-apa ya sud akhirnya buat opera cake, itu pun ganache nya dicicil malam sebelumnya biar ngga terlalu repot dan biar lebih enak pastinya.

Resep pake punya mba Ita Kustina hasil intip-intip blognya mba riana (pennylane) kalo cake dari blog mba Ri sih udah pasti recommended deh makanya mo nyoba dan jujur aja nyimpen resep ini udah luaaammmmaaa banget dan udah compare dengan resep-resep opera cake yang lainnya tapi karna ini lebih nyoklat akhirnya ku pilih yang ini soalnya aku suka coklat heheh. Mba Riana modif ngga pake BC padahal kalo resep aslinya pake BC + kopi.

Opera Cake
by Ita Kustina

Jaconde Cake:
200 gram Almond bubuk/ Mete bubuk
150 gram gula pasir halus
6 butir telur ayam utuh
50 gram mentega, cairkan
55 gram tepung terigu
115 gram putih telur
55 gram gula halus
Air kopi untuk siraman cake


Ganache:
500 gram Dark Cooking Chocolate, cincang
500 gram whipping cream

Cara membuat:
Ganache:
·      Panaskan cream hingga panas tapi jangan sampai mendidih, matikan api. Masukkan dark cooking chocolate, aduk hingga coklat mencair dan membentuk adonan yang halus dan mengkilat.

·      Dinginkan, inapkan dalam kulkas semalaman. Menjelang digunakan, keluarkan dari kulkas dan aduk/kocok hingga ringan dan mudah dioleskan.

Cake:
o  Campur almond, gula pasir dan 3 butir telur, kocok dengan mixer kurang lebih 10 menit.

o  Masukkan sisa telur satu persatu, sambil terus kocok, dan setelah semua telur masuk, kocok kembali kurang lebih 10 menit.

o  Masukan 2 sendok besar adonan kedalam mentega cair, aduk rata, sisihkan.

o  Campur tepung ke dalam adonan almond aduk rata.

o  Kocok putih telur sampai berbusa, masukan gula halus, sambil terus kocok sampai kaku tapi jangan terlalu kaku.

o  Campur adonan almond dengan putih telur, aduk rata.

o  Masukan mentega cair yang telah dicampur sedikit adonan, ke dalam adonan almond.

o  Bagi kue menjadi 6 bagian ke dalam loyang ukuran 22×22 cm, panggang dengan api besar (200 derajat Celcius) kurang lebih 10 menit. Aku pake Loyang kotak 24 cm*24 cm jadi Cuma jadi 5 pcs

Finishing:
1.    Ambil selembar cake, siram dengan air kopi yang aromanya enak, lapis dengan ganache.

2.    Tumpuk satu lembar cake di atas cake tadi, siram cake dengan kopi dan oles dengan ganache.

3.    Demikian terus sampai semua cake habis. Masukan ke dalam kulkas kurang lebih 20 menit agar lapisannya menempel dengan mantap dan kue menjadi dingin.

4.    Siram atasnya dengan cokelat siram atau ganache cair (jika ada sisa ganache, bisa dipanaskan lagi untuk menyiram cake).

5.    Masukkan lagi ke dalam kulkas kurang lebih 1 jam hingga coklat bagian atas agak kaku.

6.    Rapihkan pinggirnya dengan pisau yang dicelup air panas. Hias sesuka hati.

Over All cake ini nyoklat abiss nga percuma buatnya dan worth it banget sama capeknya hehe secara ribet boo 5 kali manggang abis Loyang 1 nya lagi ada dirumah mama ku abis nganter bropang minggu2 lalu tapi menjelang akhir tinggal untuk 3 loyang lagi baru deh si loyang dateng dibawain sama adikku lia dan manggang sekaligus 2 loyang.
oh yah pas nyiram ganache siram karna cakenya ganachenya itu dingin dan ganachenya masih hangat makanya dia cepet kaku (duuuh lupa euyy harunya cakenya di buat suhu ruang dulu kayanya) akhirnya ya udah ku buat motif aja diatas coating ganachenya hehehe

as usual yg tiup lilin anaknya mama deh si mas sayang a.k.a vindra, pagi-pagi jam 6 dibangunin buat tiup lilin soalnya jam 6.30 mama harus berangkat kerja (wuiiih bangunnya semangat), karna udah beres cake dipotong-potong jadi bisa buat bekel ke sekolah dan kekantor. sampe bos ku yg kukasih bilang delicious sambil kasih jempol heheh


Happy Birthday
Wish us all the best
AND FOR MY NEPHEW kENZO hopefully make a quick recovery and can be perfectly healthy, be pious and SMART child, AND always be proud of the family,
Amiin



No comments:

Post a Comment

Lovely Mas

Daisypath - Personal pictureDaisypath Happy Birthday tickers

Lovely Dede

Lilypie - Personal pictureLilypie Second Birthday tickers
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...