Saturday, June 23, 2012

Crème brûlée

Voila……I did it !!!


Keterbatasan alat tidak memupuskan keinginan ku untuk buat si dessert asal perancis ini, tadinya gw nga tau tentang dessert ini dengernya juga baru kikikiki norak yah, tapi beberapa bulan yang lalu kakak ipar nantang untuk buat si crème brulee ini tapi begitu ditantang balik untuk beliin torch (ini becanda) ehh dia nyengir, dan desert ini akhirnya hampir terlupakan dengan berbagai resep-resep yang lain. Nah karna punya whipcream rich 1 dus dan baru dipake sekitar 150 Ml berati masih banyak kan tuh akhirnya keingetan untuk bikin si brulee ini, tapi mentog ngga punya torch nya (huhuhu), mo beli tapi kok sayang soalnya keperluaannya belum banyak tapi ini dijadiin salah satu alat yang kedepannya mo dibeli…or ada nga yang mo ngasih wkkwkwk *ngarep

Liat-liat resepnya keluarga Nugraha kok yah ada cara untuk buat brulee tanpa torch mmm pucuk dicinta ulam tiba –yipeeeee

untuk brulee ini saya resep pake punya mba ida dengan modifikasi dari silver cakes dan Keluarga Nugraha


Crème Brulée

Bahan: (5-6 porsi)
400 ml cream fresh
200 ml susu segar
90 gr gula pasir
4 butir kuning telur uk sedang
1 butir telur uk sedang
1 batang vanili bourbon
*saya pakai 1 SDM vanilla essence + 1 SDM Vanilla

Sugar Brown *u/ toping * saya pakai 80 gr gula kastor

sebelum di ABM


Cara membuat:
1. Belah dua vanili, kerat isinya dgn ujung pisau.
2. Campur gula, susu dan vanili (isi dan kulitnya). Panaskan diatas api (jangan dimasak). Sesekali diaduk hingga gula mencair. Biarkan sebentar hingga suhu turun.
3. Tuang cream fresh ke dalam susu, aduk rata.
4. Di dalam wadah terpisah, campur semua telur, aduk rata dgn whisk (jgn dikocok). Setelah itu masukkan ke dalam campuran susu dan cream fresh. Aduk rata dan setelah itu disaring. Diamkan adonan selama 30 menit.
*saya tadi langsung di tuang ke alu foil
5. Tuang adonan ke dalam beberapa loyang kecil tahan panas. Lebih baik anda gunakan loyang keramik berbentuk ceper (jgn yg tebal)
*aku ngga ada jadi pake alu foil. Panggang adonan dgn cara au bain marrie selama 40-50 menit dgn suhu 150°c atau hingga adonan agak beku seperti puding. *aku panggang sampai 60 menit karna pas 50 menit masih agak cair.
6. Angkat crème brulée dan biarkan hingga suhu dingin. Masukkan ke dalam kulkas selama beberapa jam. Jika acara dessert akan dimulai, taburkan br
own sugar keatasnya, lalu bakar dgn api gas khusus utk crème brulée hingga gula menjadi karamel

Cara lain penyajian untuk topping :
Gula kastor atau gula halus + air 5 SDM diaduk dipanci kecil hingga menjadi caramel (kekuningan), segera tuang pada permukaan crème, tapi jangan terlalu tebal. Tunggu sampai caramel mengeras, sajikan.


Hasil jadi :
Untuk penggunaan Alu foil uk dia 5 cm hasil jadi 7 pcs dan 1 pcs ukuran dia 16 cm


Rasa wowww membelai lidah…beneran deh waktu itu pernah makan di salah satu resto di SMS, rasanya ngga ada creamynya ngambang gitu mana mahil lagi untuk ukuran dikit gitu. Tapi yang perlu dikasih note kalo buat lagi susunya itu lebih baik agak mendidih jadi telor yang dimasukin cukup matang dan ngilangin bau amisnya yah, karna begitu ngga dingin lagi si brulee ini jadi agak amis, tapi kalo pas dingin-dingin dimakan sih mantafffff sama yang diresto itu mah jauuuuuuuuuuhhhh.



No comments:

Post a Comment

Lovely Mas

Daisypath - Personal pictureDaisypath Happy Birthday tickers

Lovely Dede

Lilypie - Personal pictureLilypie Second Birthday tickers
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...