Sunday, April 7, 2013

Putu Tegal




Mumpung masih di depan kompi dan ditemenin anak lanang yang belum tidur yuk mari di diliat kue yang dibuat hari ini juga sebagai laporan yang ke-9 , resep ini hampir mirip dengan Pisang Rai tapi ini menggunakan tepung ketan, walaupun waktu googling juga ada beberapa resep yang beredar tapi saya memilih resep nya mba Widiyati dan bener kata si Mpunya blog yang saya copas resepnya kue ini sudah hampir punah karna dipasar tradisional sudah tidak ada lagi yang jual dan sedihnya temen kuliah saya dulu yang lahir dibrebes-tegal ternyata tidak mengetahui tentang kue ini waktu saya share di group untuk menanyakan apakah dia tau tidak kue ini dan dia bilang bukannya putu itu pake gulmer didalamnya bukan pisang, duh miris yah padahal toh kita juga bukan lahir di jaman ABG,

Banyak kue-kue yang enak ternyata sudah kehilangan penggemarnya dan kalau pun masih ada penggemarnya tapi si penjualnya sudah malas untuk menjualnya karna kalah saing dengan bakery-bakery or cake yang masa kini.

Karna saya masih kerja tentu tidak sebanding dengan laporan teman-teman yang sudah diatas 20an heeheh tapi demi semangat cinta dengan kuliner tradisional Indonesia maka saya juga ingin turut bagian untuk melestarikannya dalam bentuk laporan sehingga tidak di ‘aku’ oleh negara lainku. Yuk tanpa berlama-lama kita simak aja resepnya.

PUTU TEGAL


Bahan Kulit :
200 gram tepung ketan
1,5 sdm tepung maezena
1/2 sdt garam
1 sdm gula pasir
3 tetel essens daun pandan yang berwarna hijau / dari daun suji yang di blender dan diperas. #silver :saya mengggunakan 3 lembar daun pandan dan 3 lembar daun suji karna masih kurang hijau maka saya tambahkan 2 tetes pewarna makanan warna hijau
3 sdm minyak goreng
175 ml sd 200 ml air hangat, tergantung adonan kalau sudah kalis pemerian air dihentikan.

Bahan Isi :
6 buah pisang raja kukus dan diiris serong menjadi dua

Bahan Taburan :
150 gram kelapa parutan yang sudah dikukus
1/2 sdt garam
150 gram gula pasir


Cara membuat:
- Kukus pisang raja kurleb 20 menit angkat dan sisihkan lalu iris menjadi 2
- Untuk membuat Kulit : Campur semua bahan kulit kecuali hair hangat. Setelah bahan tercampur semua Tuangi air hangat sedikit demi sedikit sambil diuleni dan sampai adonan kalis.
-Potong serong pisang yang sudah dikukus menjadi 2
-Ambil adonan kulit sedikit bentuk bulatan dan dalamnya di isi dengan pisang.Ulangi hal ini sampai adonan habis.
Kukus dalam dandang panas selama 15 menit
-Angkat dan gulingkan dalam parutan kelapa.
-Untuk langkah terakhir yaitu taburkan gula pasir apabila akan di hidangkan

Kalau cara yang saya buat pisang tidak dikukus dahulu, jadi adonan kulit dibentuk bulatan dan isi dengan pisang dan kukus selama 30 menit, karna saya malas untuk bolak balik ngukus heheh




Postingan ke 9 sudah ada diblog NCCJTIW :D , tumben aktif banget yah




No comments:

Post a Comment

Lovely Mas

Daisypath - Personal pictureDaisypath Happy Birthday tickers

Lovely Dede

Lilypie - Personal pictureLilypie Second Birthday tickers
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...