Thursday, April 25, 2013

Lapis Ketan Srikaya Pandan






Gara-gara si mbak (asisten) masak ketan kelembekan dirumah mama akhirnya jadi ngga laku deh trus daripada sayang ngga dimakan n jatuhnya nanti dibuang ku bilang “udah mba bawa pulang aja nanti kita buat apa kek, sayang” ya udah dirumah mikir buat apa yah eh tiba-tiba keingetan sama kue tradisional kesenenganku yang dilapis ketan, kalo pas beli ku pikir awalnya itu talam ketan tapi kok lebih lembut dan ternyata pas searching baru tau itu ketan sarikaya.

Kalo dulu tuh biasa makan sarikaya itu sama roti (sebagai  filling) dan karna original jadi beda rasanya yang sarikaya pandan, hihi norak yah. Eh tapi biarpun namanya sarikaya / srikaya kue ini asli ngga pake buah srikaya loh, emm entahlah kenapa dulu nenek moyang kita namain itu



Googling… eh ketemu blognya mba hesti yang biasa ciamik kalo motret and buat kue tradisional jadinya naksir sama resepnya dan langsung eksekusi dan kebetulan lagi di kulkas masih nyimpen pandan wuaahhh pas  banget deh. Karna ketannya Cuma sedikit jadi saya buat ½ resep.

Tapi sayang aku lupa info ke asisten ku untuk ditutup dengan serbet kuenya pas lagi di kukus jadinya ketetesan deh n hasilnya atasnya jadi seperti usus bergelombang heheh tapi nga papa yang penting enyaaaaaakkkk, toh kalo udah dipotong-potong ngga terlalu keliatan #ngelesss :P


Bahan2 :
1. Ketan putih 500 gr, cuci, tiriskan
2.  Santan 250 ml dari ½ butir kelapa
3.  Garam 1 sdt

Bahan Adonan Srikaya : ½ resep
1.  Telur ayam 2 btr
2.  Santan 175 ml
3.  Gula pasir 150 gr
4.  Tepung terigu 30 gr
5.  Air daun suji pandan 25 ml
6.  Essen vanili ½ sdt               
7.  Garam. ½ sdt
8.  Pewarna hijau (karna daun sujinya habis jadi pake pewarna 3 tetes)

Cara membuat :
liat kan bergelombang :D
  • Rendam ketan dalam air dingin selama ± 2 – 3 atau semalam kemudian jam cuci bersih ketan, kukus dalam dandang panas selama 30 menit hingga setengah matang angkat.
  • Campur santan, dan garam rebus hingga mendidih angkat.
  • Tuangkan santan rebus ke dalam ketan setengah matang aduk hingga santan terserap kukus lagi ketan hingga matang. Angkat ratakan ketan dalam loyang beralas plastik.
  • Srikaya : kocok telur dan gula hingga gula larut. Tambahkan semua bahan lainnya aduk rata.
  • Tusuk – tusuk ketan dalam loyang tuangi adonan srikaya. Kukus lagi sampai matang dan beku selama ± 40 menit angkat dan dinginkan. Potong – potong sesuai selera dan sajikan.



Wah mama papa suka banget sama kue ini sampe bilang nanti mama buatin ketan yah biar kamu yang buat sarikayanya heheh siaaaappp

No comments:

Post a Comment

Lovely Mas

Daisypath - Personal pictureDaisypath Happy Birthday tickers

Lovely Dede

Lilypie - Personal pictureLilypie Second Birthday tickers
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...