Sunday, March 17, 2013

Gedong Songo, Bandungan, Semarang

Baru sempet posting jalan-jalan kemarin ke Gedong songo, sok sibuk neh heheh. Jadi tuh tanggal 2 maret 2013 kemarin kita ada undangan ke Batang Jawa tengah Nikahannya kakak sepupu (Ponakan Mama ku) yang tinggal di Sekayu dapet istri orang Batang, nah karna deket sama semarang kita minta mama untuk menunda kepulangannya ke semarang karna beliau minta pulangnya itu di februari setelah dari bulan October nginep dirumah. Mama memang selalu betah kalau dirumah (iya kan ma-sambil ngelirik kemama hihi) entahlah apa karna ada 2 anak lelakinya dijakarta atau karna papa itu anak bontot atau karna aku mantunya yg paling disayang xixixiix (yang terakhir berjanda yah heheh ntar mantu yang lain pada protes lagi hahah soalnya mama sayang sama semua mantunya makanya kita semua sayang sama mama :D)

Karna itu awal bulan makanya aku ngga bisa cuti di jumatnya 1/3/13 soalnya lagi ngitung gajian jadi begitu pulang kantor baru deh packing dan beres-beres so kita berangkat itu jam 10 malam, prediksi 6 – 7 jam sudah sampai Batang karna kita pernah ke semarang itu hanya 8 jam dan batang itu sebelum semarang tapiiiiii ternyata dari tangerang ke bekasi aja makan waktu 2 – 3 jam karne macet cet entahlah mungkin smua juga pada mau jalan-jalan kali yah jadinya kita nyampe ke batang jam 8, huft. (untung Papa ngga ngantukan yah jadinya amaan, Alhamdulillah)

Dari rumah tuh yang berangkat itu Mama, mama Semarang, Aku, suami , mas dan asisten, dan begitu nyampe hotelnya ternyata smua pasukan udah mau berangkat ke tempat akad nikah, yaaa mama ketinggalan deh ikut akad padahal pengen tapi karna belum baru dateng jadi mama juga males dan milih untuk pas pesta aja kesananya.

Nah karna kita telat itu lah jadi kita ngga sempet di photo bareng keluarga besar padahal pas kita dateng tuh pas banget lagi baris rapih photo-photo duh sayangnya dan begitu ke pestanya kita juga kok pada males yah moto-moto hehehe mungkin nanti kita posting poto kita yang sama pengantinya aja yah kalo dapet tag-an di FB :D

Selesai pesta jam 12 an kita balik lagi ke hotel dan prepare pada mau ke tujuannya masing-masing keluarga sekayu dan sawangan pada jalan-jalan ke Yogya, yang depok balik ke depok, A’budi dan kita ke semarang, kebetulan Adik ipar A’budi juga tinggal di Semarang jadinya kebetulan soalnya bi Nur dan Wak Roy mo ikut kita pulangnya ke Jakarta dan ngga masalah kita mo ke Semarang dulu jadinya pas ke Semarangnya BiNur dan Wak Roy ikut mobil Aa dulu dan sorenya langsung dianter ke rumah mama. Mobilnya kalo untuk 1 orang muat tapi kalo 2 orang dan barang-barangnya yang super banyak ngga muat soalnya barang-barang kita juga kaya orang pindahan kalo lagi ke luar kota hahaha.

030313 its time to Gedong Songo,

jangan lupa bawa bekel baso tahunya ...mmm nyam nyam enyakk

kita ajak mas tanto sekeluarga juga biar rame jadi itu wilayah candi yang berjumlah Sembilan dengan pemandangan yang cantik, sayangnya ada miscom disini begitu nyampe dan masuk digerbang kita langsung disodorin kuda-kuda untuk jalan-jalan mengelilingi wilayah tersebut dengan tariff Rp50.000 / kuda, dan kupikir itu hanya jalan-jalan sebentar aja dan ngga semua candi jadi aku ngga ikut dan nemenin mama dan  yang lain tapi ditungu-tunggu kok lama banget yah, ditelpon takut nanti kudanya kaget kalo berasa getar or dengan dering telpon jadi masih ditahan-tahan akhirnya mama dan biNur nyewa tiker biar bisa duduk santai dibawah pohon (serasa piknik beneran deh) dan aku ngajak mba Nisa istrinya Mas Tanto Ke Gedong yang pertama karna searah sebenarnya ada 2 gedong lagi yang tidak terlalu jauh dari gedong pertama tapi karna kita takut yang naik kuda kembali makanya kita ngga lanjut ke gedong berikutnya tapi balik ke tempat mama, Tapiiiiii (again tapiiii) ditunggu-tunggu sampe sholat dhuhur lah itu Pakde Tanto, Filio, Papa, Mas dan Devina kok yah belum balik-balik juga (huft udah mulai BT), akhirnya walo tetep sambil nunggu juga tetep kok kita narsis berputu-putu ria dan makan-makan, tapi tetep merasa kurang meng-explore tempat tersebut.

Kelamaan nunggu akhirnya kita sholat biar nanti pas mereka balik kita bisa langsung  maksi, nah yang nunggu di tiker itu Bude Nisa dan Arfa (mas arfamasih ngga berani naik kuda, malah de Filio yang berani naik) dan begitu kita kembali ternyata di pertengahan ketemu papa & Group yang baru balik dari mengelilingi semua gedong (huaaaa iri berattttt) dan ternyata Mas Arfa nangis gara-gara mau hujan jadi anginnya kenceeengg banget dan dia takut, duuh sayang maaf yah ditinggal sebentar sama tante.

Putttuuu agaiiin, setelah puas berputu putu kini saatnya kita isi perutt  dengan makanan khas dan ternyata disini itu yang khasnya adalah Sate Kelinci, ehmmm must to try…..and the taste is not bad seperti  ayam tapi ini lebih manis dagingnya.

mama dan adik kakaknya

Kesimpulannya tempat ini cantik, itulah kenapa saya lebih suka ke wisata alam seperti ini karna  lebih fresh, lebih bisa memanjakan mata dengan pemandangan yang sungguh-sungguh membuat saya terkagum-kagum dengan ciptaanNya, subhanallah

Untuk cerita tentang gedong songo ini saya copas dari Wikipedia
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Candi Gedong Songo adalah nama sebuah komplek bangunan candi peninggalan budaya Hindu yang terletak di desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia tepatnya di lereng Gunung Ungaran. Di kompleks candi ini terdapat sembilan buah candi.
Candi ini diketemukan oleh Raffles pada tahun 1804 dan merupakan peninggalan budaya Hindu dari zaman Wangsa Syailendra abad ke-9 (tahun 927 masehi).
Candi ini memiliki persamaan dengan kompleks Candi Dieng di Wonosobo. Candi ini terletak pada ketinggian sekitar 1.200 m di atas permukaan laut sehingga suhu udara disini cukup dingin (berkisar antara 19-27 °C)
Lokasi 9 candi yang tersebar di lereng Gunung Ungaran ini memiliki pemandangan alam yang indah. Selain itu, obyek wisata ini juga dilengkapi dengan pemandian air panas dari mata air yang mengandung belerang, area perkemahan, dan wisata berkuda.

Jarak tempuh
Untuk menempuhnya, diperlukan perjalanan sekitar 40 menit dari Kota Ambarawa dengan jalanan yang naik, dan kemiringannya sangat tajam (rata-rata mencapai 40 derajat). Lokasi candi juga dapat ditempuh dalam waktu 10 menit dari obyek wisata Bandungan. Berikut daftar jarak tempuh menuju candi ini.