Monday, August 15, 2011

Klappertaart Wilton


Setelah browsing sana sini tentang Klaapertart wilton ini akhirnya sabtu kemarin dengan semangat juang 45 (mumpung bulan agustus heheheh ) coba buat klaapetart dengan resep yang ditulis oleh alm mba Ruri (semoga amal ibadahnya diterima Allah SWT, amiien). Saya buat 1/2 resep hasil jadinya seperti pic dibawah ini. Pic paling kanan cup personal saya test nga pakain kayu manis makanya toppingnya lebih putih n rasanya enak juga.


Klappertart Wilton

Bahan2 :
1000 cc fresh milk (aku pakai susu UHT)
250 gram gula pasir
50 gram tepung custard
50 gram tepung terigu
50 gram maizena
150 gram mentega atau margarin
6 butir kuning telur
2 buah kelapa muda,kerok isinya saja
100 gram kenari panggang cincang (aku ngga pakai )
Kayu manis bubuk

Topping:
6 butir putih telur
4 sdm gula pasir
2 sdm tepung terigu
Kismis direndam air hangat,peras dan ciprati rhum &kayu manis bubuk (aku ngga pakai Rhum)



Cara Membuat :
§  Didihkan 800 cc fresh milk dan gula pasir
§  Larutkan tepung terigu,custard dan maizena dengan 200 cc fresh milk
§  Masukkan campuran susu dan tepung ke dalam susu panas,aduk terus sampai mengental dan meletup-letup
§  Angkat dari api,masukkan mentega,aduk rata
§  Masukkan kenari dan kayu manis bubuk (aku tidak pakai)
§  Masukkan kuning telur satu persatu
§  Masukkan daging kelapa muda,aduk rata
§  Masukkan adonan ke dalam cup sampai ¾ tinggi
§  panggang dengan cara ditim selama 15 menit dengan suhu 160° sampai ½ matang
untuk toppingnya :
§  Sambil menunggu,siapkan adonan topping:kocok putih telur dengan mixer sambil dimasukkan gula sedikit sedikit sampai kaku (kemarin saya langsung masukin smua gulanya juga cepet kaku kok)
§  Masukkan tepung terigu,aduk rata dengan spatula
§  Semprotkan toping keatas adonan ½ matang sampai cukup tinggi,taburi dengan kismis dan kayu manis bubuk
§  Panggang lagi sampai toping berwarna kekuningan


Berdasarkan informasi dari Cake fever melebihkan susu waktu melarutkan tepung terigu, custard & maizena sebanyak 300cc dan yang didihkan hanya 700 cc jadi total tetap 1000 hasilnya benar tidak bergerindil dan cepat larut (thanks tips n tricknya mba  )

Satu resep ini bisa jadi 2 aluminium foil ukuran 20cm atau sekitar 20-25 aluminium foil yang kecil-kecil.

Hasil jadinya bener-bener maknyus lembut banget apalagi kalau dimakan dingin slurppp dan menurut ade saya yang pernah beli diluar klappie buatan saya jauh lebih enak duh jadi GR :D



ada yang mo pesen ? ditunggu



2 comments:

  1. wah top markotop deh best friend gw yg atu ini...tambah jago aja lo...
    klo gw mikir sribu kali buat bkin klapi scara baca resepnya aja udah ribet hehehehe...
    TOP dech...sukses ya Cin...

    ReplyDelete
  2. eh ada wati ehhehe....learning by doing cin...kl nga dicoba kan nga tau suseh pa susah heheh..thank you sukses jg yah buat lo *peluk-peluk

    ReplyDelete

Lovely Mas

Daisypath - Personal pictureDaisypath Happy Birthday tickers

Lovely Dede

Lilypie - Personal pictureLilypie Second Birthday tickers
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...