Thursday, August 11, 2011

Soup Master Class (Soto ayam ala KC, Beef Meatballs Adobo, Mushroom Soup)

   Sebenernya ini udah 17 juli lalu tapi karna waktu itu belum sempet ke posting jadi yah sekarang aja yah laporannya (sapa juga yang mau baca :P).
Ini acara NCC yang pertama kali gw ikutin judulnya Soup Master Class dengan Dress codenya atasan putih dan bagi yang pake jilbab warnanya kuning or hijau tuh liat temen2 diatas cakep2 dan serasi kan...cheersss.
Acara dimualai jam 17.00 - 19.00..... yah biar kenal dengan member yang lain makanya maksa hubby untuk ijinin plus nitip my baby to my mom....tapi karna menurut adminnya boleh tambah member dan yang bukan NCC juga boleh akhirnya gw ajakin aja 3 temen yang lain lia, Saety dan erny mereka antusias loh diajak untuk masak bareng chef KC (Karen Carlotta) dengan gw iming-imingin dapet goody bag isi panci, kaldu royco, sapu tangan, apron.


Akhinya last minute dapat kabar yang masak hanya 20 member saja piuh kasian temen2 ku yg udah antusias 'biarin deh ntar tak kasih taunya kl dah sampai sana heheh' biar tetep jadi dateng . karna misua nga bisa anter jemput jadi lah naik taxi,  jadi bisa bareng ety dia nunggu di indosiar setelah itu di tempat acara masih juga nunggu lia dan mba erny. ohya di taxi si ety cerita kalo dia sampe nga bisa tidur mikirin gimana cara masaknya dan bisa nga yah hahahah gw aja nga gw pikirin dapet resepnya cuma dilihat sekilas doang ini mah sampe sutris begitu juga lia n mba erny yang diperhatiin bahan2 nya satu - satu dan bolak balik nanya sampe mba erny mo batalin karna salah satu resepnya menggunakan sapi soale dia alergi ma sapi xixixi 'untung nga batal ya mba kan nga jadi masak hehehe'

sampai disana ikutan absen dan dapet goody bag taraaa tapi liat kok nga ada panci nya ya udah kirain nanti pas acara kali yah dibagiin...tapi nga juga loh begitu pulang juga tanya ke panitia NCC (napsu yah tanya melulu hahah) jg dia bilang nga ada..ya sutralah memang nga dapet rupanya heheh tapi member dari kelompok lain itu dapet lo pancinya...


Acaranya seru karna dipandu sama Indra Herlambang dan untunglah bawa temen2 jadi nga terlalu asing sendiri soalnya banyak temen yang lainnya terlihat sudah sering ngumpul jadi mereka sudah ngeblend banget sama member lainnya :D.

pas acara dipoto sama Pak wis...yeahh jadi kenal sama Pak Wisnu dan Mba Fatmah nah itu yang kanan bawah yang terang sendiri hasil jepretan kameranya beliau tuh, lebih bagus kan dibanding hasil dari hape ku hehehe 

ini dia resepnya nyontek dari blog nya Mom Elly biar ada recordnya jg diblog ku kalo mo coba kan tinggal klik hehe (thanks mba Elly)

SOTO AYAM ala KC
Source : Karen Carlotta – SOUP MASTERCLASS

Bahan-Bahan :

Ayam goreng:
300g daging fillet ayam, potong2 sebesar jari kelingking
½ sdt kari bubuk
2 sdm tepung terigu
3 sdm maizena
Garam secukupnya
Lada bubuk secukupnya
Minyak Goreng, untuk menggoreng
Kantong plastik

Kuah Soto :
1.5 liter air
1 sachet Royco Bumbu Kuah Kaldu Gel Ayam
1 lbr daun salam
2 btg serai, memarkan
2 cm lengkuas, memarkan
1 buah lobak, iris 1 cm
Garam
Lada bubuk
Gula

Pelengkap:
Bawang Goreng, Daun Bawang, Sambal


Cara membuat:

• Kuah Soto : Didihkan 1,5 liter air dengan serai, lengkuas, daun salam. Bubuhi dengan garam, lada dan gula/ penyedap. Jika air sudah mendidih, masukkan Royco Bumbu Kuah Kaldu Gel Ayam. Kemudian masukkan lobak. Masak sampai lobak lunak. Angkat. Sisihkan.

• Ayam goreng : Campur ke dalam kantong plastik ayam dan bahan2 lainnya. Campur hingga rata. Lalu panaskan minyak goreng, masukkan ayam berbumbu tadi. Goreng hingga matang dan garing.

• Penyajian : Letakkan kuah soto beserta lobaknya lalu taruh ayam goreng di atasnya. Beri taburan bawang goreng dan potongan daun bawang. Sajikan panas dengan sambal.


BEEF MEATBALLS ADOBO
Source : Karen Carlotta – SOUP MASTERCLASS

Bahan-Bahan :

Beef Meatballs:
1 lbr roti tawar tanpa kulit, rendam dalam 50ml susu segar (rotinya dipotong2 atao dirobek2)
250 g daging sapi cincang
½ buah bawang Bombay, iris
½ sdm tepung sagu
garam secukupnya
Lada bubuk secukupnya
Gula secukupnya
1 sdm blueband, untuk menumis bawang bombay
12 btr bawang putih, geprek
2 sdm minyak Canola, untuk memasak

Bahan kuah:
½ buah nanas, potong 3cm
1 sdm lada hitam butiran, remukkan
6 btr cabai rawit, potong kasar (kalo suka pedas tambah lagi)
50 ml cuka apel
150 ml kecap asin
4 helai daun salam
1.5 liter air kelapa muda
1 sachet Royco Kuah Kaldu Gel Sapi
Garam secukupnya
Lada bubuk secukupnya
Gula secukupnya


Cara membuat:

• Kuah : Disihkan 1,5 liter air kelapa beri daun salam, cuka apel, kecap asin, lada hitam, garam, lada bubuk, dan gula. Jika sudah mendidih masukkan Royco Kuah Kaldu Gel Sapi.

• Beef meatballs: Tumis bawang bombay dengan sampai harum dan berwarna keemasan. Sisihkan. Campur daging sapi cincang dengan roti yang sudah direndam dengan susu, bubuhi garam, merica bubuk, dan gula secukupnya lalu tambahkan tepung sagu. Tambahkan bawang bombay yang sudah ditumis tadi. Lalu aduk hingga tercampur rata. Ambil adonan lalu bentuk seperti burger, lakukan hingga adonan habis.

• Tumis bawang putih dengan minyak canola hingga harum lalu masukkan Beef meatballs masak hingga berwarna kecoklatan. Lalu masukkan ke dalam kuah. Masak hingga matang. Tambahkan nanas dan potongan cabe rawit.

• Hidangkan selagi panas.


MUSHROOM SOUP WITH POACHED EGG & ROASTED SHALLOTS
Source : Karen Carlotta – SOUP MASTERCLASS

Bahan-bahan:

Mushroom soup:
1 buah bawang Bombay, cincang
1 kg jamur kancing, potong2 kecil
4 btr bawang putih, cincang
Garam
Lada bubuk
Gula
2 sdm Blue Band
Thyme kering
1 sachet Royco Bumbu Kuah Kaldu Gel Ayam
50 ml air

Poached egg:
1 liter air
4 butir telur
5 sdm cuka
3 sdm garam

Roasted shallots:
6 buah bawang merah, iris kasar
1 sdm minyak goreng
1 sdm gula


Cara membuat:

• Mushroom soup : Tumis bawang bombay dan bawang putih dengan blueband hingga harum. Masukkan jamur kancing. Bubuhi dengan garam, lada bubuk, gula dan tyme kering. Tambahkan Royco Bumbu Kuah Kaldu Gel Ayam dan beri air. Masak hingga jamur lunak. Setelah itu blender hingga halus. Kalau ingin soup yang kental airnya jangan dimasukkan semua.

• Poached egg: Didihkan air dengan cuka dan garam. Pecahkan telur satu persatu, jaga kuningnya jangan sampai pecah. Aduk air yang mendidih hingga berputar airnya lalu masukkan satu buah telur (tanpa kulitnya) masak sampai putihnya membeku dan kuningnya tetap cair. Angkat sisihkan.

• Roated shallots: Tumis bawang merah dengan minyak hingga bewarna kuning keemasan. Tambahkan gula pasir biar berkaramel dan warnanya cantik.

• Penyajian: Taruh mushroomp soup dalam mangkuk saji. Letakkan poached egg di atasnya lalu taburi bawang. Hidangkan selagi hangat.






No comments:

Post a Comment

Lovely Mas

Daisypath - Personal pictureDaisypath Happy Birthday tickers

Lovely Dede

Lilypie - Personal pictureLilypie Second Birthday tickers
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...