Saturday, July 9, 2011

Jenis Mixer



Kali ini akan dibahas tentang mixer dan kegunaannya yang dalam pembuatan kue merupakan alat yang penting.

Mixer ada 2 jenis :                                             
1.       Hand Mixer :mixer yang cara kerjanya dipegang dengan tangan kita, mixer ini menghemat ruangan baik saat digunakan ataupun disimpan. Untuk hand mixer pilih mixer yang ringan tetapi mantap. Namun jika suka membuat cake, pastikan membeli hand mixer dengan mesin motor penggerak berkekuatan bear sehingga bisa mengaduk adonan yang agak berat. Kalau bisa pilih hand mixer dengan setelan kecepatan beragam, misalnya dari kecepatan rendah, agak tinggi, tinggi, hingga tingga sekali. Sengan begitu anda leluasa memakainya untuk berbagai keperluan membuat adonan.

  
2.       Standing Mixer : jenis Mixer ini sangat praktis,karna bisa bekerja sendiri sedangkan tangan bebas dari tugas memegang mixer dan bisa ditingal-tinggal untuk mempersiapkan bahan lain. Standing Mixer  layaknya pengocok elektronik dengan kekuatan super cepat.
Jika dibandingkan dengan hand mixer yang memiliki kekuatan mesin terbatas, dalam pembuatan adonan cake, maka dengan standing mixer anda bisa leluasa membuat adonan cake ataupun jenis kue apa saja dengan kapasitas jumlah yang cukup besar.
Kelemahan dan kelebihan standing mixer :
1.       Standing mixer membutuhkan meja kerja yang cukup luas, kepekaan naluri dalam mengocok pun berkurang karna kelembutan adonan misalnya tidak bisa dirasakan oleh tangan.
2.       Bila memakai standing mixer, pastikan untuk selalu memeriksa adonan. Selain itu siapkan bahan-bahan kue lainnya didekat standing mixer agar anda tetap dapat mengawasi kondisi adonan
3.       Ingat, sesekali waktu adonan yang menempel dipinggir perlu diangkat atau dibersihkan ke tengah dengan spatula agar ikut tercampur. Waktu melakukan ini jangan lupa matikan mixer. Jika perlu, aduk adonan selagi proses pengocokan berhenti dengan menggunakan spatula. Pakailah spatula karet atau plastic,agar tidak menimbulkan kerusakan jika beradu dengan baling-baling pengocok adonan yang terbuat dari metal.
4.       Perhatkan pula bentuk kom adonannya. Pilih standing mixer yang kedalaman kom adonannya mudah dijangkau, jika kom adonan terlalu dalam ada kemungkinan udara terhambat masuk kedalam adonan. Kekurangan udara akan sangat mempengaruhi pengembanngan adonan cake. Adonan tidak mengembang sempurna, tekstur cake pun menjadi lebih padat alias bantat. Sebaliknya kom adonan juga cukup besar dengan lekukann yang luwes sehingga anda bisa membuat adonan cake dalam jumlah besar
5.       Pastikan jumlah bahan adonan sesuai dengan kapasitas mixer. Pada umumnya mixer bisa mengaduk hingga satu kilogram adonan jika melebihi kapasitasnya, pengocok mixer dapat bengkok atau macet ditengah proses bekerja. Jadi selalu awasi kondisi adonan pada saat mengunakannya
Baling2 Mixer
                                                                                                                       
Membersihkan dan menyimpan mixer
1.       Selalu bersihkan mixer dengan lap basah selesai pemakaian betapa pun sibuknya anda, ikuti selalu petunjuk pemakaain mixer agar kinerja nya maksimal dan mixer awet.
2.       Jika tidak digunakan simpan hand mixer dalam tempat tertutup. Masukan baling-baling pengocok dan pengaduk adonan serta piranti tambahan lainnya dalam kantung plastic/ kardus, lalau letakan dekat hand mixer
3.       Sedangkan untuk standing mixer, sebaiknya dibungkus dengan plastic besar agar tidak tertempel debu lalu simpat dalam lemari.

Nah bagi anda yang serius atau seorang professional yang gemar membuat cake. Mixer merupakan piranti wajib dimiliki.

Let’s baking....  


Source : http://www.lezatgrup.com/lezatgrup/index2.php?option=com_content&task=view&id=519&pop=1&page=0&Itemid=91

3 comments:

  1. kalo mikser artisan itu maksudnya apa y bu?? banyak kesebut dimilis tpi daku ga tau maksudnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ituloh bu wati Mixer yang jadi artis qeqeq, itu adalah KA Artisan = Kitchen Aid Artisan bisa dilihat disini pics2 nya biar makin ngiler hehehe stss my whis list juga tuh :P https://www.google.co.id/search?hl=en&sugexp=les%3B&gs_rn=0&gs_ri=hp&tok=sfrySppd769A9kDXCg2fyQ&cp=9&gs_id=0&xhr=t&q=ka+artisan&qscrl=1&rlz=1T4ADFA_enID455ID456&bav=on.2,or.r_gc.r_pw.r_qf.&bpcl=39650382&biw=1366&bih=562&ion=1&wrapid=tljp135497879601200&um=1&ie=UTF-8&tbm=isch&source=og&sa=N&tab=wi&ei=71XDUJqoGMOOrgeIloHIBg

      Delete
  2. terima kasih untuk info jenis mixernya.sangat membantu dalam pemilihan mixer yang tepat untuk digunakan sesuai kebutuhan.

    ReplyDelete

Lovely Mas

Daisypath - Personal pictureDaisypath Happy Birthday tickers

Lovely Dede

Lilypie - Personal pictureLilypie Second Birthday tickers
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...